10 Tips Mengelola Kesehatan Mental Di Tempat Kerja

10 Tips Mengelola Kesehatan Mental Di Tempat Kerja – Artikel ini membahas tentang pentingnya kesehatan mental dalam dunia kerja, serta bagaimana sebaiknya perusahaan mengelola kesehatan mental karyawannya.

Belakangan ini isu kesehatan mental sedang ramai dibicarakan oleh banyak kalangan, salah satunya dunia kerja. Di tempat kerja sendiri, kesehatan mental yang stabil dan terjaga akan membuat karyawan lebih bahagia dan produktif dalam bekerja. Hal ini didorong oleh pihak perusahaan dan atasan yang mendukung dan mengapresiasinya, agar karyawan menjadi lebih semangat dalam mencapai tujuan perusahaan dan mendapatkan ilmu dari pekerjaan yang dilakukannya.

10 Tips Mengelola Kesehatan Mental Di Tempat Kerja

10 Tips Mengelola Kesehatan Mental Di Tempat Kerja

Namun, tidak semua perusahaan mendukung karyawannya untuk memiliki kesehatan mental yang prima. Tanpa disadari, perusahaan memperlakukan seluruh karyawannya seperti robot yang dapat bekerja tanpa henti, melakukan semua pekerjaan untuk menghemat biaya gaji dan memenuhi tenggat waktu.

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Pekerja Kantoran

) yang lebih singkat dan memberikan hasil yang memuaskan. Jika karyawan dibiarkan terus-menerus dalam kondisi kerja seperti ini, tidak jarang mereka mudah lelah karena tekanan fisik dan mental. Mengakibatkan stres berkepanjangan

Menurut Celestinus Igya Munthe, Direktur Kesehatan Jiwa dan Obat Kementerian Kesehatan, terjadi peningkatan gangguan kesehatan jiwa selama epidemi pada tahun 2020, seperti peningkatan korban gangguan kecemasan sebesar 6,8% dan depresi sebesar 8,5%. Belakangan, Kementerian Kesehatan RI juga mencatat ada lebih dari 1.000 orang yang melakukan percobaan bunuh diri. Di sinilah gangguan kesehatan mental muncul

Dalam dunia kerja, hal ini disebabkan banyaknya tekanan dari perusahaan yang memberikan dampak psikologis dan emosional terhadap pekerja. Kemudian timbul gejala psikosomatis yang mempengaruhi kesehatan fisik tubuh. Seperti, sakit perut saat bepergian ke kantor, mual dan muntah, sakit kepala menjelang tidur malam.

Dilansir dari Better Up, berikut alasan pekerja menghadapi masalah kesehatan mental dan berakibat pada penurunan produktivitas kerja:

Atasi Masalah Kesehatan Mental Tanpa Stigma

Dalam lingkungan kerja sering terjadi situasi dimana atasan atau manajemen kantor tidak menerima pendapat, kritik dan saran karyawan. Sebagai seorang karyawan, Anda harus mematuhi aturan dan pendapat mereka yang tidak rasional. Jika Anda menyatakan perbedaan pendapat, Anda akan diancam.

Hal seperti ini akan memicu stres pada karyawan karena harus menahan pendapat yang seharusnya diungkapkan. Jadi, bentuk komunikasi ini akan membuat pekerja merasa

Perusahaan yang tidak menawarkan kebijakan seperti asuransi kesehatan dan keselamatan akan mempersulit karyawannya. Jika mereka sakit parah atau mengalami kecelakaan kerja, maka mereka harus menanggung sendiri biayanya dan harus ditanggung oleh perusahaan. Jika biaya yang dikeluarkan terlalu besar, dapat menimbulkan stres dan berujung pada gangguan kesehatan mental yang serius.

10 Tips Mengelola Kesehatan Mental Di Tempat Kerja

Kebijakan apa saja yang sebaiknya diperoleh karyawan dari perusahaan tempat mereka bekerja? Di Indonesia sendiri, setidaknya perusahaan harus menyediakan fasilitas seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilayani ketika karyawannya mengalami PHK (pemutusan hubungan kerja).

Cara Mengatasi Burnout Akibat Kerja

Padahal sifat manusia sangat beragam, unik dan kompleks dalam dunia kerja. Namun, jika Anda memiliki atasan yang super perfeksionis sebagai karyawan

Karena Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan seberapa sempurna atasan Anda dalam bekerja, sedangkan Anda berada di posisi junior yang masih membutuhkan banyak pembelajaran sambil bekerja. Akibatnya, Anda terus merasa bersalah,

Jika Anda membutuhkan bantuan dan tidak diakomodasi. Selain itu, Anda mungkin tidak termotivasi untuk bekerja seperti yang Anda kira

Ketika Anda menjadi karyawan baru dan melihat performa kerja Anda selalu memuaskan, atasan dan manajemen Anda pasti mempunyai harapan agar Anda bisa dipercaya untuk mengelola dan mengerjakan proyek dengan beban kerja yang cukup berat. Seiring berjalannya waktu, atasan Anda akan menuntut Anda untuk bekerja lebih keras dan selalu merasa puas, terutama agar tidak melakukan kesalahan. Jika hal ini terjadi, Anda sebagai pekerja akan selalu mendapat teguran keras yang akan mengganggu kesehatan mental Anda. Rasanya aku ingin menyerah saja ya?

Hari Kesehatan Mental Sedunia

6, selama 5 hari. Namun, banyak juga perusahaan yang mengharuskan Anda bekerja dengan jam tambahan, seringkali lembur. Akibatnya, waktu istirahat karyawan sangat sedikit dan hal ini dapat membahayakan kesehatan mentalnya yang juga berdampak pada kesehatan fisiknya.

Ayo pelajari berbagai jenis kesehatan mental dan terapkan gaya hidup yang baik untuk kesehatan mental bersama Skills Academy. Di kelas ini Anda akan menjadi Dr. Belajar bersama. Sanderson Oni, seorang peneliti psikologi yang kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Klik banner ini untuk mengetahui soal kelas ya!

Menurut Jasmine Patel dari Peoplescout.com, berikut tanda-tanda karyawan mengalami stres dan masalah kesehatan mental:

10 Tips Mengelola Kesehatan Mental Di Tempat Kerja

Jika gejala-gejala tersebut mempengaruhi kinerja karyawan, maka tim manajemen dan atasan perlu melakukan pembicaraan tatap muka untuk mengetahui hambatan yang mereka rasakan. Bagi karyawan, jika Anda merasa memiliki hambatan yang menghambat produktivitas dalam bekerja dan bersantai, bersikaplah terbuka. Anda bisa mendiskusikan solusi untuk pulih dan bugar saat bekerja nanti.

Pentingnya Kesehatan Mental Di Dunia Kerja Dan Cara Mengelolanya

Perasaan cemas, depresi, dan sedih yang luar biasa hingga putus asa. Untuk memulihkannya Anda perlu mewaspadai diri sendiri dan tim manajemen agar kehidupan dan pekerjaan yang dilakukan sangat menyenangkan.

Menurut psikolog karir, perasaan stres dan cemas yang tidak terkendali bisa diatasi secara bertahap dengan kesadaran diri. Meskipun perasaan ini datang dan pergi, sering kali Anda dapat mencegahnya memengaruhi kesehatan mental Anda melalui aktivitas yang menyenangkan. Berikut beberapa contoh terapi yang bisa Anda coba untuk merilekskan tubuh dan jiwa Anda.

D. Luangkan waktu untuk hobi yang Anda sukai. Anda bisa mencobanya pada hari libur atau sepulang kerja.

G Tulislah buku harian tentang emosi yang Anda rasakan. Namun, jangan lupa untuk menuliskan berbagai hal yang positif dan membangkitkan semangat. Contohnya adalah rasa syukur, harapan, dan doa, serta nilai-nilai yang nantinya bisa Anda evaluasi.

Pilih Poster Kesehatan Mental Gratis

Selain kesadaran diri, manajemen perusahaan juga perlu mewaspadai kesehatan mental. Jadi jika Anda bekerja di perusahaan dengan kesadaran kesehatan mental yang tinggi sebagai karyawan, Anda sangat beruntung!

Apa saja kendala, kritik dan saran yang disampaikan karyawan selama bekerja di perusahaan? Program ini gratis, tim manajemen dapat mengumpulkan berbagai testimoni dari karyawan melalui email, telepon, atau pertemuan langsung.

Sebuah penelitian yang dilakukan The Bupa, di Inggris, mengungkapkan bahwa sistem kerja ini sangat membantu dalam mengelola kesehatan mental karyawan dalam bekerja.

10 Tips Mengelola Kesehatan Mental Di Tempat Kerja

D. Memberikan fasilitas asuransi kepada karyawan. Di Indonesia, perusahaan yang umumnya peduli terhadap kesejahteraan pekerja menyediakan fasilitas BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Kementerian Kesehatan Ungkap Kasus Bunuh Diri Meningkat Hingga 826 Kasus

F Ciptakan ruang relaksasi di kantor, seperti tempat rekreasi, gym, atau bahkan tempat untuk tidur siang. Sudah banyak perusahaan

Suasana dan atmosfir dalam dunia kerja sangatlah kompleks dan tidak dapat kita prediksi sebelumnya. Jika perusahaan tempat Anda bekerja tidak menawarkan ruang yang jelas untuk kesejahteraan, atasan Anda mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap pekerjaan Anda, kompleksitas pekerjaan yang melelahkan secara mental dan Anda mengalami masalah, maka Anda sangat membutuhkan bantuan.

Tidak apa-apa jika Anda meminta bantuan psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan kesehatan mental agar Anda bisa bekerja produktif dengan hasil yang optimal dan berkualitas. Jangan lupa, kenali dan kelola emosi Anda sendiri untuk menjaga kesehatan mental.

Bagaimana cara mengenali diri sendiri dan menciptakan manajemen emosi dengan mudah? Ayo ikuti kelas Skill Academy “Mengenal Diri Sendiri dengan Kesehatan Mental”. Dibimbing oleh psikolog profesional dengan harga terjangkau pasti akan menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan mental. Kesehatan mental sering terjadi di tempat kerja. Intensitas pekerjaan dan aktivitas yang dianggap kompleks dapat menimbulkan stres pada pekerja sehingga mempengaruhi produktivitas. Hal ini harus menjadi perhatian semua pihak. Baik pimpinan perusahaan maupun karyawan.

Melawan Stigma Dan Meningkatkan Kesadaran: Menjaga Kesehatan Mental Di Tengah Tantangan Hidup Halaman 1

Mengetahui cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja merupakan tindakan yang perlu diperhatikan dan tidak diabaikan. Ini merupakan komponen penting agar lingkungan kerja tidak terganggu. 

Tidak ada salahnya memeriksa kesehatan mental Anda secara rutin. Bila diperlukan, perusahaan dapat menyediakan jasa psikolog atau psikiater di kantor. Tindakan ini dapat membantu memastikan kesehatan mental karyawan tetap terjaga dengan baik. Biaya penyediaan layanan psikiatris atau psikologis tentunya sejalan dengan peningkatan produktivitas karyawan.

Psikiater atau psikolog bukanlah satu-satunya cara untuk memeriksa kesehatan mental. Salah satu cara untuk memeriksanya adalah dengan mengisi beberapa kuesioner di situs web khusus. Apakah ada masalah kesehatan mental? Cara ini juga cukup efisien dan cepat, seperti setelah memberikan jawaban lengkap pada kuesioner. Jawaban apakah kesehatan mental terganggu bisa dilihat pada hasil akhirnya.

10 Tips Mengelola Kesehatan Mental Di Tempat Kerja

Penyakit mental terkadang tidak terdiagnosis. Banyak yang menganggap mereka bagus. Namun dari bahasa tubuh dan cara berkomunikasinya, terlihat jelas bahwa ia mengalami gangguan jiwa.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Teman merupakan salah satu faktor terpenting yang dapat mempengaruhi seseorang terkena gangguan jiwa. Merasa lebih nyaman sendirian membuat seseorang merasa mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Tidak harus bersama orang lain dan yang lebih parah lagi, merasakan kehadiran orang lain menjadi masalah baru baginya.

Menjadi lebih nyaman dengan diri sendiri sering kali terjadi di tempat kerja. Menyadari bahwa semua orang di kantor adalah musuh dan memata-matainya, menjadi jelas bahwa dia sedang tidak dalam kondisi pikiran yang baik.

Menjadi lebih nyaman dengan diri sendiri sebenarnya bukanlah masalah besar. Sepanjang ciri-ciri tersebut tidak mengganggu produktivitas. Jadi atasan Anda tidak akan mempermasalahkan hal ini.

Namun, penting untuk digarisbawahi bahwa sangat menyenangkan memiliki seseorang yang dapat Anda percayai untuk menjaga kesehatan mental Anda di tempat kerja. Memiliki rekan kerja yang mau mendengarkan dan menawarkan solusi adalah cara bijak untuk mengurangi beban yang Anda pikul.

Pertumbuhan Ekonomi Dengan Menjaga Kesehatan Mental Pekerja Publik

Kenyamanan untuk percaya diri tidak selalu harus datang dari rekan kerja. Mengungkapkan permasalahan di tempat kerja kepada atasan juga dianggap sebagai cara yang baik untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan mental di tempat kerja.

Mempercayai atasan terkadang lebih efektif dalam mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi. Ini bukanlah cara yang tabu untuk dilakukan. Sejauh niatnya ingin tercapai

Mengelola data di tempat kerja, 10 pengertian kesehatan mental menurut para ahli, tips kesehatan mental, tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi, kesehatan mental di indonesia, tips menjaga kesehatan mental, cara mengelola kesehatan mental, tips untuk menjaga kesehatan mental, sejarah kesehatan mental di indonesia, kesehatan mental di pandemi, mengelola data informasi di tempat kerja, kesehatan mental di tempat kerja

Artikel Terkait

Leave a Comment